Tuesday, September 25, 2012

Jurnal Pendidikan Biologi

jurnal mungkin pernah kita dengar kata jurnal, tapi tahu tidak apa pengertian jurnal itu sendiri? Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan . Bila dikaitkan dengan kata ilmiah di belakang kata jurnal dapat terbitan berarti berkala yang berbentuk pamflet yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang saat diterbitkan. (Buku Pegangan Gaya Penulisan, penyunting dan penerbitan Karya Ilmiah Pegangan Gaya Penulisan, Penyunting dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia, karya Mien A. Rifai, Gajah Mada Uneversity, 1995, h.57-95).

Ada beberapa jenis penerbitan berkala, selain jurnal , yaitu Majalah, Bulletin, Warkat Warta.
Majalah adalah terbitan berkala yang bukan harian, setiap keluar diberi halaman terpisah, biasanya diidentifikasi dengan tanggal dan bukan nomor berseri. Bulletin adalah berkala resmi yang dikeluarkan lembaga atau organisasi profesi ilmiah serta memuat berita, hasil dan laporan kegiatan dalam satu bidang. Warkat Warta, adalah terbitan pendek berisi berita, termasuk kemejuan keilmuan yang berisi catatan singkat yang mengutarakan materi secara umum dan tidak mendalam. (lihat Mien A. Rifai h.57-59). Selain itu, dari sisi teknis isi ada tiga macam berkala ilmiah yaitu pertama majalah teknis ilmiah, kedua berkala semi ilmiah dan ketiga berkala sekunder. Majalah teknis ilmiah merupakan majalah yang memuat hasil dan temuan baru penelitihan. Berkala ini biasanya sebagai sarana untuk komonikasi para pakar yang terspesialisasi. Berkala semi ilmiah, yaitu berkala yang memuat tulisan teknis dengan cakupan yang bersifat siklopedia dan ditujukan bagi mereka yang bukan ahli atau spesialis dalam bidang yang dimaksud. Berkala sekunder berisi abstrak atau ringkasan majalah primer yang sering disebut pula berkala penyari (abstracting Jurnal). Selain itu, untuk keperluan pendidikan ada pula yang disebut berkala tinjauan yang memuat berbagai artikel ilmiah sejenis yang terbit beberapa tahun terakhir untuk memberikan gambaran kemejuan menyeluruh suatu topic (lihat Mien A. Rifai, h.59).

      Berdasarkan pengertian, macam dan jenis tersebut diatas, didalampedoman ini dimaksudkan dengan jurnal ilmiah adalah terbitan berkala yang berisi kajian-kajian ilmiah yang spesifik dan dalam bidang tertentu.disini ada beberapa contoh Jurnal terbitan terbaru maupun lama.

Jurnal Pendidikan
  1. PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 2 MALANG Susriyati Mahanal 1), Ericka Darmawan 2), A.D. Corebima 3), Siti Zubaidah 4)
  2. STRATEGI KOOPERATIF GABUNGAN JIGSAW IV-RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMA DI JEMBER Suratno
  3. MODEL PENULISAN BUKU AJAR BIOLOGI SMA BERWAWASAN EKOLOGI DAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN Achyani 1), Nuryani Y. Rustaman dan Sri Redjeki 2), Devi Nandita Choesin 3)
  4. PENGARUH STRATEGI STAD PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA DI KOTA METRO Muhfahroyin
  5. PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA Handoko Santoso
  6. BIOETIK PEMANFAATAN SUMBERDAYA GENETIK MIKROBA Agus Sutanto
  7. PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMA TELADAN 1 METRO 
  8. Anak Agung Oka
  9. APLIKASI KONSEP FITOTEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SEKOLAH HIJAU Hening Widowati
  10. PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKUNGAN Kartika Sari
  11. PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT METAKOGNITIF (CSM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP DI MANADO Zusje W.M. Warouw
  12. MENUMBUHKEMBANGKAN KESADARAN DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PBL DAN KOOPERATIF GI Muhammad Dania
  13. PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENGGUNAAN FORMALIN DALAM BAHAN MAKANAN DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN GIZI DAN KEAMANAN PANGAN Wiwi Wikanta
  14. PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK POKOK BAHASAN PEMANASAN GLOBAL SISWA SEKOLAH DASAR Amram Rede
  15. MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN EKOSISTEM PERSAWAHAN DENGAN MODEL PENULISAN BUKU AJAR BIOLOGI SMA BERWAWASAN LOKAL DAN EKOLOGI Achyani
  16. PENGARUH COOPERATIVE LEARNING DIPANDU INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA BERKEMAMPUAN ATAS DAN BAWAH DI KOTA METRO Handoko Santoso
  17. PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KARTIKATAMA METRO 
  18. Muhfahroyin
  19. PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN LAJU FOTOSINTESIS TANAMAN CABE MERAH (CAPSICUM ANNUUM L) SEBAGAI SALAH SATU SUMBER BELAJAR BIOLOGI Mustofa Khoiri
  20. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 PRAMBANAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Sumarjito
  21. KAJIAN STRUKTUR KOMUNITAS EPIFAUNA TANAH DI KAWASAN HUTAN KONSERVASI GUNUNG SIBELA HALMAHERA SELATAN MALUKU UTARA Abdu Mas’ud Sundari
  22. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI VI KOTA SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011 Elsje Theodora Maasawet
  23. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN METODE TPS DISERTAI EKSPERIMEN PADA SISWA SMAN 1 BATANGHARI LAMPUNG TIMUR Chisca Mutiara
  24. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN STAD PADA MATA KULIAH STRUKTUR HEWAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI Hening Widowati
  25. BAGAIMANA MAHASISWA MEMBACA LEBIH PRODUKTIF? Agus Sutanto
  26. PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011Ratini
  27. MEMBANGUN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI Agil Lepiyanto
  28. PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA DI SMP MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL Anak Agung Oka
  29. MENGATASI KONFLIK RUMAH TANGGA (STUDI BK KELUARGA)Nurul Atieka
  30. Jelajah Alam Sekitar (JAS)
  31. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNING) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 
  32. PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTERAKTIF PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA
  33. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKSTUALUNTUK MENINGKATKAN  KETERAMPILAN PROSESSAINS SISWA KELAS X-8 SMA NEGERI 1  SUKOHARJOTAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
  34. PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK  PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR  SISWA SMA NEGERI 8 SURAKARTA

0 komentar: